Catatanku Si Bendot.Tue

"Apapun yang kutahu kan kuberikan padamu, dan berharap membawa kebaikan"

Bagian 2 – Syntax, Variabel dan String

with 2 comments

Syntax dasar PHP

Script PHP selalu dimulai dengan <?php dan diakhiri dengan ?>, dalam beberapa script mungkin seringkali kita temukan sebuah script PHP yang diawali dengan <? dan diakhiri dengan ?>. Script PHP dapat dituliskan di bagian mana saja dari dokumen kita, tergantung kebutuhan dan peruntukan dari kita masing-masing.

Kedua cara penulisan diatas sebetulnya tidak ada bedanya, server tetap akan mengeksekusi perintah-perintah PHP yang berada pada dua buah syntax tersebut (<?php ?> atau <? ?>). Dengan kita membubuhkan PHP pada syntax kita (<?php ?>) server akan dapat mengenali jenis script yang kita tuliskan dengan benar, sehingga pembubuhan PHP pada awal syntax sangat dianjurkan.

PHP pada umumnya dituliskan didalam tags HTML, dibawah ini adalah sebuah contoh script PHP yang akan menuliskan kata kedalam halaman browser kita.

<html>

<head>

</head>

<body>

<?php

echo ‘Halo, ini adalah script PHP pertamaku!’;

?>

</body>

</html>

Maka tercetak

Halo, ini adalah script PHP pertamaku!

Setiap kode didalam script PHP harus diakhiri dengan tanda titik-koma (;), tanda titik-koma digunakan sebagai pemisah antara instruksi yang satu dengan lainnya.

Terdapat dua buah cara untuk menuliskan kata atau kalimat kedalam browser, yaitu echo dan print. Diatas kita menggunakan echo untuk menuliskan kata ke dalam browser kita.

Penting: File harus berformat .php, apabila kita menuliskannya ke dalam file .html, syntax PHP tidak akan di eksekusi dan akan tercetak di layar.

Pembubuhan komentar di dalam PHP

Di dalam PHP kita dapat membubuhkan komentar pada source code sama halnya dengan bahasa pemograman lainnya. Komentar-komentar yang kita bubuhkan didalam script PHP yang kita buat, bertujuan untuk memudahkan kita dalam membaca instruksi-instruksi PHP yang ada. Komentar-komentar tersebut sangat membantu juga bagi orang lain yang mungkin ingin mempelajari dan mengembangkan script PHP kita lebih lanjut.

Dalam penulisan atau pembuatan komentar di dalam PHP terdapat dua macam cara, kita dapat memberikan tanda // untuk membuat sebaris komentar, atau menyisipkan komentar kita di antara tanda /* dan */ untuk membuat sesi komentar yang besar dan terdiri dari beberapa baris. Berikut ini contohnya.

<html>

<head>

</head>

<body>

<?php

// Ini merupakan sebuah baris komentar

/*

Komentar berikut terdiri dari beberapa baris

Dan komentar tidak akan di eksekusi oleh server

*/

echo ‘Halo, ini adalah script PHP pertamaku!’;

?>

</body>

</html>

Maka tercetak

Halo, ini adalah script PHP pertamaku!

Variabel dalam PHP

Variabel digunakan untuk menyimpan data atau nilai seperti string, angka, maupun array. Dalam PHP, kita tidak perlu mendeklarasikan tipe data variabel yang akan kita buat sebelum kita menggunakannya. PHP akan secara otomatis merubah tipe data variabel tersebut sesuai dengan jenis data yang kita simpan, tidak seperti bahasa Basic misalnya, kita perlu untuk mendeklarasikan tipe data apa yang ingin kita gunakan untuk mendapatkan hasil penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara yang paling benar dalam mendeklarasikan sebuah variabel dalam PHP ialah sebagai berikut.

<?php

$nama_variabel = nilainya;

?>

Dalam mendeklarasikan dan menggunakan variabel di dalam PHP harus selalu di awali dengan simbol $ (Dollar). Mari kita lihat cara pembuatan dan penggunaan variabel dalam PHP.

<html>

<head>

</head>

<body>

<?php

$nilai1 = 5;

$nilai2 = 10;

$hasilPenjumlahan = $nilai1 + $nilai2; // Akan menghasilkan sebuah variabel bertipe data Integer (Angka)

Echo ‘Hasil penjumlahannya adalah: ’.$hasilPenjumlahan.’<br />’; // tanda . dapat digunakan untuk menggabungkan sebuah variabel dengan variabel lainnya

$teks1 = ‘Halo, ini adalah script PHP pertamaku!’; // Akan menghasilkan sebuah variabel bertipe data String (Huruf)

echo $teks1;

?>

</body>

</html>

Maka tercetak

Hasil penjumlahannya adalah: 15

Halo, ini adalah script PHP pertamaku!

Penamaan variabel dalam PHP

Penamaan variabel dalam PHP sama seperti bahasa pemograman lainnya. Penamaan varibel tersebut memiliki kriteria dan syarat-syarat nya, sebagaimana berikut.

Penamaan variabel harus dimulai dengan menggunakan huruf ataupun garis-bawah_

Penamaan variabel hanya dapat menggunakan huruf dan angka serta simbol garis-bawah saja  (a-z, A-Z, 0-9, dan _ )

Penamaan variabel tidak dapat menggunakan spasi. Bila sebuah nama variabel terdiri dari beberapa kata, penamaannya dapat menggunakan garis-bawah ($variabel_ku), atau dengan menggunakan huruf kapital ($variabelKu)

Perbedaan tanda Single quote (Kutip satu) dan Double quote (Kutip ganda)

Pada penulisan script PHP, seringkali kita menemukan penulisan dengan menggunakan dua tanda yang berbeda. Ada yang menuliskan sebuah string menggunakan tanda Single quote (Kutip satu ‘ ‘) dan Double quote (Kutip ganda “ “).

Pada dasarnya keduanya menghasilkan output yang sama, yaitu String. Namun ada sedikit perbedaan kecil di dalamnya, yang mengakibatkan respon berbeda pada server.

Double Quote (Kutip ganda)

Apabila kita menggunakan tanda ini dalam menuliskan String pada script kita, misalnya seperti berikut.

<?php

$myString = “String pertamaku”;

Echo “Isi variabel pertamaku adalah: $myString”;

?>

Maka tercetak

Isi variabel pertamaku adalah: String pertamaku

Server akan mencari kata demi kata, apakah kata tersebut digunakan sebagai nama variabel? Bila iya, maka server akan mencetak isi dari variabel kita tersebut, namun apabila tidak, server akan mencetak kata tersebut kemudian mulai mencocokan lagi kata berikutnya dengan nama-nama variabel pada script kita.

Bila kita membuat sebuah sistem yang besar, dan terdapat begitu banyak konstanta, variabel, dan fungsi didalamnya. Tentu saja hal tersebut akan memperlambat proses kerja sistem yang kita buat, dan akan memperbesar execution time dari halaman kita. Hal ini sangat merugikan apabila sistem yang kita buat merupakan sistem yang besar.

Keuntungannya ialah, kita akan lebih mudah dalam mencetak, menginput dan memasukan isi variabel kedalam string yang kita miliki.

Single Quote (Kutip satu)

Lain halnya denga single quote, apabila kita menggunakan tanda ini dalam menuliskan String pada script kita, misalnya seperti berikut.

<?php

$myString = ‘String pertamaku’;

Echo ‘Isi variabel pertamaku adalah: $myString’;

?>

Maka tercetak

Isi variabel pertamaku adalah: $myString

Disini akan kita dapati bahwa server menganggap kata $myString sebagai kata, bukan sebagai nama variabel. Sehingga server akan mencetak $myString yang seharusnya kita ingin server untuk mencetak ‘String pertamaku’.

Untuk itu kita perlu merubah penulisannya menjadi seperti ini

<?php

$myString = ‘String pertamaku’;

Echo ‘Isi variabel pertamaku adalah: ‘.$myString;

?>

Maka tercetak

Isi variabel pertamaku adalah: String pertamaku

Disana terlihat tanda titik.’ yang digunakan sebagai penghubung antara string dengan isi dari variabel yang kita inginkan dan dijadikan sebuah kalimat yang utuh.

Dengan single quote (Kutip satu) kita telah dapat memangkas sedikit proses yang harus dilakukan system sebelum dokumen kita terbuka, hal ini tentu saja akan meringankan pula kerja server dan dokumen kita akan terbuka sedikit lebih cepat (Tidak akan terasa perbedaannya pada script yang hanya masih beberapa baris saja).

Kedua cara tersebut memiliki nilai positif dan negatifnya masing-masing. Gunakanlah sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan kita, untuk menciptakan sebuah halaman yang ringan dan dapat diakses oleh pengguna dengan cepat.

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Artikelnya mudh di mengerti. Saya lg blajar php boss, dan di antara halaman situs yg saya simpan, alamat situs ini saya kasi nama “the best”.
    Thank’s

    Rudi haris

    Februari 9, 2012 at 4:41 pm

  2. Wow terimakasih pujiannya🙂
    Artikel nya masih berlanjut ko, cuman saat ini masih belum sempat buat lagi. Lagi ada kesibukan soalnya. Silahkan diikuti😀

    bendot.tue

    Februari 13, 2012 at 7:18 pm


Tinggalkan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: